Cara baru bersihkan Virus Conficker

Data terakhir dari Kompas, Confiker sudah merasuki 9 juta komputer Minggu ini [Selasa, 28/11/2009]. Aku mendapatkan source code virus yang sama. Setelah uji coba dalam lab, maka perlunya beberapa penambahan cara mengatasi virus tersebut. Dengan demikian, artikel ini hanya pelengkap dari sebelumnya yang telah ditulis (silahkan baca: Virus Win32 Conficker, Alman dan Sality).
 

Esset mendeteksi keberadaan conficker.

Setelah pengujian, ternyata ada yang dampak lain, yang ditimbulkan, lebih dari hanya sekedar menginfeksi jaringan. Akhirnya mendapat kesimpulan, Virus Conficker berusaha memblokir internet. Berikut ciri baru dari gejala virus ini;
  • Menguras energi RAM. Beberapa aplikasi menjadi sangat sukar dijalankan, karena sisa RAM, dikuras oleh virus Confiker.
  • Menginfeksi browser. Mozilla beberapa kali mengalami crash, tampilan sering muncul error tanpa sebab. Setelah melihat hasil laporan error console Mozilla, gejala ini ditimbulkan bukan karena infeksi dari situs tertentu. Sedangkan laporan dari firewall, pelacakan virus tersebut berhenti pada DNS. Artinya kalau ISP sudah tercemar, seluruh client akan mendapat resiko yang sama.
  • Masih bisa update online. Berbagai Anti virus yang dicoba, update secara online masih dapat dilakukan. Sampel virus tersebut, juga dapat dikirimkan ke beberapa vendor perusahaan Anti virus.
  • Tidak terdeteksi dalam Schedule Task. Virus pasti berjalan dalam memory. Tapi yang pasti, jalannya virus Conficker, tidak dalam scheduled task windows.



Matikan dnscache.


Setelah konfirmasi dengan beberapa vendor Anti virus AVG dan Esset, maka akan melengkapi cara baru untuk membasmi virus confiker. Antara lain;

  • Cabut kabel-kabel jaringan LAN dan Internet.
  • Matikan dnscache. Caranya klik [Start]-->[run]-->ketik [CMD]-->ketik net stop dnscache-->Enter.
  • Scan dengan beberapa Antivirus Removal. Misalnya dari AVG dengan nama rmdownadup.exe (klik untuk download).
  • Scan dengan Anti virus biasa. Setelah selesai lalukan restart.
Jka kamu masih mengalami kesulitan, silahkan tanyakan dengan mengisi pada bagian komentar. Dengan senang hati Saya akan membantumu.


26 Responses to "Cara baru bersihkan Virus Conficker"

Brotherhood said...

kok iklan layanan semuanya?? knpa? :(

Anonymous said...

iya nich..Lagi di tahan mas bu Ad$en G0o6le. Cos belum masukkan PIN. Katanya tanggal 25 baru sampai di Lab..ttd maryam

Source Code Mas Is said...

Ya segera masikin aja...

sigit said...

Bagus deh, nanti aku coba pelajari lagi, pokoknya belajar teruus

Yudha said...

sama sy pake nod32

Unknown said...

Yup..aQ juga...kan gambar diatas Eset Nod32. Makasih dah kasih komnter yach.

sigit said...

Zaman, thanks telah berkunjung, tapi siapa yg dimaksud.. nyerah dehh.., salam

Anwar Mudhy Ristanto said...

Hwehe kalo virus itu gak ngaruh buat aku kan cuma pake hp. . Q malah takut virus baru H1N1 . .bahaya tuwh.

blog buat bisnis said...

pantesan kalau saya lagi nge-net suka lambat, mungkin juga pengaruh virus ini, kali yah.
wah terima kasih banget atas artikel-nya. oh ya kalau mau link exchange sama kamu, gimana ?
boleh dunk...saya tunggu yah
trims

Unknown said...

# blog buat bisnis. Ok dech..aq dah taruh samping link kamu. ditunggu balesannya

Anonymous said...

Wah..jangan2 komputerku dah terinfeksi kali ya, soalnya mozilla sering banget crash. Thx buat infonya ya.

Anonymous said...

terima kasih atas infonya....sp tahu aQ nanti bakal terinfeksi virus ini..hehe
salam kenal

:D

xxx said...

thank 4 info...

1001cures said...

wah bagus infonya..terima kasih ya!

Arief Budiman Tanjaya said...

Mas dikantor saya terkena virus yang memblokir internet,setelah saya cek speedy,modem,hub semuanya normal, tapi ternyata kita tidak bisa mengakses internet keluar.yang jadi heran browser seperti mozilla,opera,IE dan YM,email outlook tidak bisa online tetapi ketika saya pakai skype ternyata bisa online akhirnya saya coba ping ke server ternyata reply,mohon pencerahannya

Unknown said...

Saudara Arif... saya juga pengguna spee*y. Beberapa minggu terakhir, gejala ini sudah hilang, terlebih setelah memakai firewall. Artinya DNS Qt sudah "hampir bersih". Gejala yang paling nyata dari conficker adalah muncul consol error win32 (silahkan lihat: Virus Win32 Conficker, Alman dan Sality).
Kemungkinan,DNS kamu terlalu lambat. Ada virus lain yang bercokol. Saya juga pakai Skype setiap hari. Alat chatting yang satu ini, dapat lancar terbuka karena ga menguras RAM dan bandwidth. Jika skype bisa normal, besar kemungkinan DNS kamu terproteksi, oleh perusahaan. Coba tolong dikomfirmasi.
Lalu silahkan coba bersihkan dengan cara yang telah saya uji, tapi harus memutus dari koneksi manapun. Setelah itu lakukan install-ulang. Dilanjutkan dengan instalasi AVG Anti virus with firewall.

# buat semua. terimakasih telah membaca artikel ini. saya senang dapat membatu kamu semua.

y0dy ferdiansyah said...

Ada contoh source code nya "virus Coficker" gag ???
lagi perlu bangget... buat tugas kuliah...

kalo ada tolong posting donk... atau send ke e-mail aku aj : yody.cute@gmail.com

thx atas bantuannya... ^_^

irvan said...

mau tanya nih mas,,
setelah saya mengikuti langkah di atas virus convicker saya memang sudah hilang..
tetapi setelah saya restart dn menjalankan PC-MAV RTP muncul dialoge box yang menyatakan "conficker active in memory" dan program harus di terminate...
Apa yang menyebabkan hal itu? dan bagaimana saya mengatasinya? untuk informasi, komputer saya terinfeksi virus conficker varian A/b menurut analisis dari confickertest.com
Terima kasih sebelumnya...

Anonymous said...

virus conficker di komputer gw ngeblock semua aplikasi antivirus!! gmna donk???

Unknown said...

Pasti dah campur yang lain yach...Q sekarang pake kaspersky. Tapi yang versi full. Tuntas juga

Unknown said...

itu virus fl babi hehehehe..

Unknown said...

maaf bung.. ga punya. Dah kehapus semua. Makasih dah kasih komnet yach

badru zaman said...

itu berarti udah enak. efektif. Tinggal basmi pake PC-MAV dari PC-Media aja

badru zaman said...

pasti. Salah satu efeknya, selain jadi lemot, browser cepet crash. Apalagi pake IE

Makasih dah mampir sob.. Kunjungan balik..

Unknown said...

system error 5 denied

Unknown said...

Wah.. system error 5 denied bebarti sudah kena-block. coba pake KVRT dari kaspersky.. Kalau bisa min ram 1 GB DDR2 untuk jalankan removal ini. Lihat penjelasaannya soal KVRT

http://wiki-software.blogspot.co.id/2016/06/kvrt-kaspersky.html